Semut dan kodok

Suatu hari Nabi Sulaiman as duduk di tepi laut.. tiba-tba dia melihat seekor semut jalan membawa sebiji gandum menuju ke arah laut. Sulaiman as tetap memperhatikan semut itu hingga semut tersebut sampai dekat air. Begitu semut itu sampai, tiba-tiba ada seekor katak muncul dari air seraya membuka mulutnya. Semut itupun masuk ke dalam mulut katak dan Katak itu pun menyelam kembali ke dalam laut. Cukup lama katak itu tak kembali namun Nabi Sulaiman tetap menanti dengan penuh rasa heran dan haus akan jawaban. Akhirnya katak tersebut keluar dari air dan membuka mulutnya, maka semut itu keluar, sementara biji yang dibawanya itu sudah tidak terlihat lagi. 
Nabi Sulaiman as segera memanggil semut itu dan menanyakan tentang apa yang telah dilakukannya? Semut itu menjawab, “Wahai Utusan Allah, sesungguhnya di dalam lautan yang kamu lihat ini terdapat sebuah batu yang cekung. Di dalam batu itu hiduplah seekor cacing buta yang Allah SWT telah menciptakannya di sana. Cacing tersebut tidak berdaya untuk keluar mencari hajatnya, oleh karenanya Allah telah mempercayakan urusan rezekinya kepadaku. 
Setiap hari aku membawa makannya, dan Allah SWT telah mempertanggung-jawabkan katak ini untuk membawaku agar air laut ini tidak membahayakanku selama aku berada di dalam mulutnya. Sesampainya kami di tujuan, katak segera meletakkan mulutnya di lubang batu itu, lalu aku pun masuk ke dalam batu tersebut dan menyampaikan rezeki cacing itu. setelah selesai aku keluar dari lubang batu itu ke mulut katak ini, lalu dia mengeluarkan aku dari laut.”
Nabi Sulaiman as berkata, “Apakah kamu mendengar suara tasbih cacing itu?” Semut itu menjawab, “Ya, cacing itu mengatakan, ‘Ya man la yansani fî jaufi hadzihil lujjati bi rizqika, la tansa ‘ibadakal mu’minina bi rahmatik (Wahai Zat Yang tidak melupakan aku di dalam laut yang dalam ini dengan rezeki-Mu, janganlah Engkau melupakan hamba-hamba-Mu yang beriman dengan rahmat-Mu).’”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s