Purnama (hari2 putih)

by Shaheer Hamdy on Saturday, January 30, 2010 at 12:14am ·
 

Alhamdulillah saya semalam baru saja menyelesaikan pekerjaan yang sudah saya mulai semenjak 2 tahun lalu, walaupun seakan tak selesai2 karena disibukkan dengan kerja harian dan bermain. Saya senang dan lega serta ingin istirahat santai mencari hiburan di hari libur ini, apalagi setelah 10 hari non stop sibuk siang malam. Tetapi anehnya, saya malah tak bergairiah sama sekali dan seperti seorang yang ingin mencari seuatu yang tidak ada. 
skrg saja, di halaman rumahnya ini, sepupu saya sedang pada gambusan bersama kawan2 karena minggu yang akan datang dia akan merayakan hari pernikahannya. Sementara saya malah masuk ke dalam kamarnya menyendiri dan menulis ini sebab tadi tiba-tiba saya sadar setelah melihat indahnya Bulan purnama dari halaman luar…, hari mau ke 15! Maka baiklah saya berbagi informasi berikut ini dengan antum sekalian:

Science mempercayai bahwa bulan berpengaruh pada manusia. Mereka juga telah melakukan studi yang cukup panjang berkenaan dengan masalah ini… sejauh mana pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari. Diantara yang mereka temukan adalah bahwa pengaruh bulan itu menjadi sebegitu kuat pada hari 13 14 15 yaitu masa menyempurnanya. Mengapa? ..Karena selama ini sudah diketahui bahwa sebab pasang surutnya air adalah bulan, sebagaimana kita lihat air laut turun dan naik sesuai kedatangan dan kepergian bulan (seperti saat datang dan pergi dari wanita juga kali ya ), sementara itu, tubuh manusia terhimpun 80% dari air. Nah, air terkena daya tarik bulan yang sangat menguat di hari2 pertengahan bulan hijriah itu sehingga dapat menyebabkan terjadinya ketidak stabilan mood manusia… bingung, kecendrungan berubah, bisa sumpek, Labil, tidak bergairah dan lain-lainnya tergantung suasana hati orang tersebut. 
Dengan kata lain = Bulan mempunyai berpengaruh yang khas terhadap Air. Tubuh manusia 80% nya adalah air; maka bulan punya pengaruh khas terhadap manusia. dan tentunya terhadap alam khususnya setiap yang hidup juga walau faktornya mungkin berlainan (dan Kami jadikan dari air segala sesuatu menjadi hidup)

Jadi jangan heran mengapa semenjak 1400 tahun lalu, Nabi saw sudah mensunnahkan puasa 3 hari itu di tiap bulan. Sekarang kita pahami bahwa dengan berpuasa di hari 13 14 15 bulan hijriah itu dapat menguatkan jiwa, menstabilkan gejolak, dan merubah pengaruh negative

pasang surut air tubuh menjadi positive bagi jiwa raga.

Adapun dalam riwayat kita temukan bahwa: bahkan semenjak masa permulaan Adam as di bumi, tepatnya masa baru keluar dari surga gara2 memakan buah khuldi, katanya warna dan cahaya kulitnya berubah menjadi gelap. Beliau dirundung kesedihan dan penyesalan yang luar biasa dan bertobat. Maka turunlah wahyu yang menganjurkan agar beliau berpuasa di hari 13 14 15 itu hingga kemudian hilanglah gelap kulit tubuhnya dan menjadi putih kembali. Oleh karena itulah hari-hari itu dinamakan hari2 putih (Ayyam al-Biydh) sebab setelah berpuasa pada hari-hari itu Allah telah mengembalikan kepada Adam warna kulit asalnya.
Kemudian dari langit menyeru, “Wahai Adam, tiga hari ini Aku karuniakan untukmu dan untuk anak keturunanmu bahwa barangsiapa yang berpuasa pada tiga hari etiap pertengahan bulan (hijriah), maka seakan dia telah berpuasa selama-lamanya.”

PS; karena saya jarang puasa, jadi saya ingin saham dalam pahala puasa Anda saja ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s