Menerka Wanita dari gaya rambutnya

by Shaheer Hamdy on Wednesday, March 24, 2010.

 

Martin Luther pernah bilang,

“The hair is the richest ornament of women.”

sementara Khalil Gibran mengindahkan dengan ekspresi baitnya,

“Forget not that the earth delights to feel your bare feet and the winds long to play with your hair.”

Pagi tadi saya membaca suatu artikel menarik, mengenai penemuan psikologi yg mandapatkan bahwa rambut dan cara sisir wanita dapat menunjukkan kepribadiannya. Seperti katanya wanita ygberambut panjang menunjukkan suka tenang dan suka kisah kasih romantis sementara ygberambut pendek katanya kurang bertanggung-jawab, mudah berubah-rubah dan susah dipercaya. tetapi yg banyak org tidak tahu adalah wanita brambut pendek biasanya pekerja keras, sangat penyayang, dan tidak suka menyakiti hati org lain karena begitu menghargai perasaan org. 

Berikut adalah rangkuman dan tambahannya:

Gerakan

1. Wanita yg suka menggulung dan mengikat rambutnya ke belakang kedua telinganya = kurang bersosial dan suka menyendiri. Penuh ke hati-hatian, tidak mudah percaya dan cenderung serius terus.

2. Wanita yg suka memainkan dan mengangkat-angkat rambutnya dengan jari2nya hingga terlihat lehernya = tidak suka terikat, selalu ingin bebas dan seringnya tampil simple dalam penampilan dan pergaulannya, plus kalo tidak beragama dia bisa menjadi poliandri.

3. Wanita yg suka menggulung-gulung rambutnya ke antara jari2nya dan tangannya = senang mencari perhatian, ingin selalu menguasai kekasihnya, dan terus suka dipuji.

4. Wanita yg suka memasukkan jarinya ke dalam rambutnya lalu main2 melingker lingker = manja menyenangkan, suka spontan, dan asik dengan tantangan dan perjalanan/ merantau. 

Warna

1. Rambut hitam = berkepribadian, mudah kesal dengan masalah kecil tapi bisa juga bijak dengan masalah besar, tak pernah ragu2 merubah sesuatu menjadi baru kecuali yg berkaitan dengan merubah warna rambutnya. Susah merubah kepribadiannya dan agak dingin dalam menikmati keromantisan.

2. Coklat tua/dark brown = pemalu pd asalnya,innovative, wataknya agak complex kadang social kadang suka menyendiri. Begitu mencintai anak2 kecil sampai dia sendiri suka berperilaku seperti mereka, dan suka merubah warna rambutnya karena dia suka bosan dengan sekelilingnya.

3. Brunet/ merah = tabiatnya aneh, sangat sensitive, mudah berperasaan tidak enak, cepat memberi keputusan, suka tergesa-gesa dlm menyelesaikan masalah betapapun pentingnya. Bagaimanapun juga semua percaya akan kepinteran dan kecerdesannya. Suka pemandangan dan ganti suasana. Penting baginya untuk mendapatkan pria yg ganteng dan kaya karena dia mengagumi kecantikan, tapi pd saat yg sama dia suka anarchis sampai dia tdk kuat pd dirinya sendiri. Saya pernah baca 4 tahun dlm sebuah Koran barat bahwa wanita berambut merah memang dari dulu jarang,dan skrg sudah tambah langka, sangat special orgnya, cerdas, penuh bakat dll. Kalau dari celeb contohnya seperti mba’ Nikole kidman, susan Sarandon, Julianne moore.

4. Blonde/kuning auah = sangat mementingkan kecantikan dirinya tetapi kurang percaya diri orgnya. Mudah tegang, cinta gaul dan suka jalan sama orang asing atau orang aneh, dan sebagian besarnya bersandar pada keindahan warna rambutnya karena digemari wanita dan pria. *di barat wanita berambut blonde dikenal dengan kebodohannya sehingga banyak sekali lelucon yg menyinggung mereka. seperti seorang celeb yg terkenal kurusnya (Dolly Parton) pernah bilang,

“I’m not offended by all the dumb-blonde jokes because I know that I’m not dumb. I also know I’m not blonde.”

.

Rambut tebal

= berambisi tinggi, penuh gairah, tetapi sering terhalang masalah yg merepotkannya. Seleranya tinggi dan suka menjaga keindahan rambutnya walaupun kadang dia sendiri merasa terganggu dengan ketebalan rambutnya itu.

Rambut tipis

= lebih memilih kesederhanaan, sangat mengidamkan anak, kurang merasa stabil, sering merasa insecure walau sebenarnya sdh mapan. Mudah pesimis, namun pintar menutupi kekurangannya.

Dan lain2nya seperti tipe rambutnya yg lurus atau ikal atau gelombang atau rontok atau beminyak atau renggang dll. Makalah yg berbahasa sahara itu cukup panjang tapi maaf jgn harap saya mau rangkum semua ya. Pengetahuan itu kan mahal dan saya menulis ini free🙂. However; Saya lumayan senang mendapat dan berbagi informasi ini walau tidak harus 100 persen tepat, namun jika masing2 criteria (gerakan, warna, ukuran, tipe, dan bentuk) itu dijadikan satu maka dapat memberi gambaran profile yg bisa menghemat waktu. Yang saya tidak temukan dlm artikel itu adalah wanita botak, padahal tahun 90an sempet menjadi mode gara2 Sinead o connor dan Demi Moore dlm Ghost sehingga di Jakarta saja sempat mewabah bahkan model2 tukang jamu potong rambut ala semi botak. Mungkin itu perlu analisa khusus tapi lain kali ya setelah diskusi dgn ahli rambut wanita.

Oh ya btw; wanita yg berambut sedang (tidak panjang atau pendek) = lahirnya tidak harus merepresent batinnya, namun biasanya orgnya baik, menyenangkan, mengundang cinta, lemah lembut. hanya saja dia tidak suka kalau orang menilai dia salah. Dia juga bisa dikategorikan wanita yg paling bisa berlaku adil dan cocok untuk jadi pengacara, jaksa, dan semacamnya. 

saya paling setuju dengan pepatah yg mengatakan;

“Hair brings one’s self-image into focus; it is vanity’s proving ground. Hair is terribly personal, a tangle of mysterious prejudices.”

Anyway busway; makanya pake jilbab!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s