Muhammad di mata legendaris non muslim dunia

Will Durant (1885) filosof dan ahli sejarah asal amerika: Jika kita harus menilai keagungan seorang dari pengaruhnya terhadap manusia, maka saya harus katakan bahwa Muhammad adalah orang yang paling agung sepanjang sejarah!

Alphonso De Lamartine (1790) penyair dan tokoh politik prancis: Muhammad adalah seorang filosof, pembicara yang handal, pembuat undang-undang, dan pejuang yang mengalahkan hawa nafsu. Dengan melihat ciri-ciri keistimewaan manusia, saya ingin bertanya, adakah sosok yang lebih agung dari Muhammad ?

Leo Tosltoy
(1828) filosof dan penulis terkemuka Rusia: Syariat Muhammad akan menjadi unggul di dunia karena keselarasannya dengan akal dan kebijakan.

Benjamin Bosworth Smith (1784) seorang Bishop Rektor dan Editor, dalam bukunya Mohammad and Mohammadanism  London, 1874, hal 92: 

Muhammad adalah Kaisar dan Paus dalam satu pribadi. Namun dia seorang paus tanpa penaubatan dan Kaisar tanpa pasukan, tanpa tentara, tanpa pengawal, tanpa istana, dan tanpa penghasilan yang ditentukan. Jika seorang manusia ada yang berhak menyatakan bahwa dirinya memimpin berdasarkan kebenaran langit maka Muhammadlah yang paling berhak, karena dia telah mendapatkan kekuasaan tanpa segala macam penopang instrument dan atributnya (Harta tahta senjata pasukan dsb).

William Montgomery Watt (14 March 1909 – 24 October 2006) seorang Profesor non muslim yang ahli sejarah Islam dan bahasa arab mengajar di Universitas Edinburgh, dalam bukunya yang terbit tahun 1953 berjudul Mohammad at Mecca hal 52:

Kesiapan Muhammad dalam menghadapi rintangan atas kepercayaannya dan ketinggian moral orang-orang yang beriman dan menjadikannya sebagai pemimpin serta keagungan keberhasilannya-  semua itu bagi yang memperdebatkan dan mengasumsikan bahwa dia berpura-pura jadi nabi akan malah mendapatkan masalah ketibang solusi. Lagipula tiada figur agung sepanjang sejarah yang begitu kurang dihargai di dunia barat sebagaimana Muhammad.

 MAHATMA GANDHI, (1869)  dalam Young India:

“Saya ingin mengetahui sosok terbaik yang tanpa ragu telah tertanam dalam hati jutaan manusia, (adalah dia Muhammad). saya yakin bahwa Islam jaya di masa itu bukanlah karena pedang melainkan sosok sederhana dan rendah hati sang Nabi yang selalu menepati janji dan begitu berdedikasi pada sahabat dan pengikutnya, keberaniannya dan keyakinan penuhnya terhadap Tuhan dan misinya. Sungguh itulah yang meruntuhkan segala halangan dan mengundang pengikutnya, bukanlah pedang. Setelah saya selesai membaca jilid kedua dari sejarah sang Nabi, saya sangat sedih tiada kelanjutan karena masih ingin terus membaca kehidupannya yang luar biasa.”

George Bernard Shaw (lahir 1856) pemenang nobel literatur abad itu berkata:

Semestinya dia (Muhammad) dipanggil ‘penyelamat kemanusiaan’. Saya yakin bahwa jika seorang sepertinya menduduki puncak kepemimpinan dunia modern ini, maka dia akan berhasil menyelesaikan segala masalah sampai mampu mendatangkan perdamaian dan kebahagiaan yang selama ini diharapkan.

Katanya juga;

Nabi ini telah memberi makna baru bagi agama. Bukan sekedar definisi tetapi juga dimensi.

Baginya agama bukan hanya aturan dogma dan doktrin ataupun ritual dan perayaan saja. Baginya agama adalah konsep hidup yang jauh lebih komprehensif.

 Baginya agama adalah tata cara dan gaya hidup. Ideologi yang mampu menembus ruang dan waktu dan pergerakan yang selalu siap mengisi kebutuhan dasar manusia untuk selamanya.

Jauh hari sebelum memasuki jenjang kenabian dia sudah menemukan masyarakat yang siap dilayaninya. Sebagaimana dia selalu membantu faqir miskin dan musafir.

Dia diberi julukan al-Amiin (yang terpercaya) oleh kawan dan lawan. (dalam riset saya mengenai Muhammad) saya menemukan bahwa bahkan orang-orang arab yang belum siap masuk islam masih tetap suka menitipkan barang-barang berharganya pada Muhammad.

Dia memberikan kemudahan bagi mereka yang kesusahan, mengembalikan hak mereka yang tidak diberikan hak, mengasuh anak yatim dan melindungi yang lemah dan yang teraniaya.

Dia memberi wanita hak dan tempat yang selayaknya dalam masyarakat, meninggikan derajat mereka dari yang sebelumnya diperlakukan hanya seperti barang, serta membuat mereka terhormat bahkan bagi diri mereka sendiri. Hingga masa itu adalah pertama kalinya mereka diberikan hak berpendidikan, hak memiliki, hak mewariskan, hak sembahyang dan bahkan hak dalam berekspresi , memilih, dan berpendapat . Sungguh sejarah manusia gagal memberikan kehormatan pada wanita selayaknya sebagaimana yang Muhammad berikan terhadap mereka.

 “Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik dalam memperlakukan istrinya.” Perkataannya tersebut selalu akan menjadi pengingat lelaki kasar yang suka membelokkan makna ayat-ayat Qur’an demi kepentingan hasrat mereka.   

Muhammad adalah guru agama, pembaru sosial, panutan moral, symbol organisasi, teman yang setia, pendamping yang nyaman, suami sejati, dan ayah yang mencintai. Semua itu menyatu dalam dirinya. Sedang perkataannya abadi selalu berkilau dan menyala.

 

Anne Marie Schimmel seorang Professor asal Jerman (1922 – 2003) yang sangat terpandang dan menjadi jembatan Ilmu dan budaya Islam di barat. Dalam kata pengantar bukunya tahun 1997 yang berjudul Dreams of the Caliph dia berkata; “Waktu saya berusia tujuh tahun, saat membaca buku anak-anak, saya mendapati suatu kata-kata yang berbunyi ‘Manusia sedang tidur dan mereka akan bangun setelah mati’ Sepuluh tahun kemudian saya baru mengetahui bahwa ternyata kata-kata itu berasal dari Nabi Muhammad. kata-kata tersebut memberi pengaruh yang begitu dalam pada diri saya sehingga saya selalu bertanya-tanya apakah benar bahwa kehidupan dunia ini hanya seperti mimpi..? dan seperti apakah kehidupan setelah manusia terbangunkan dari mimpi ini.. ? ”
Mungkin juga tidak berlebihan jika saya ingin mengatakan bahwa sabda Nabi Muhammad tersebut dan lainnya yang ditemukan seorang Annemarie semenjak masa mudanya, mempunyai andil yang sebegitu dahsyat sampai ia tertarik mengisi hidupnya dengan mempelajari ilmu Islam bahkan mendalami pelajaran irfani sufisme dan filsafat Islam yang sebegitu mendalam. Sampai2 dia bisa menguasai bahasa Arab, Urdu, Parsi, Sindh dan Turki. Menjadi guru besar di timur dan di barat. Karya-karyanya seperti Calligraphy and Islamic culture, The Mystery of Numbers, an Introduction to Islam, Islamic literature, dan banyak lagi lainnya termasuk yang menyelami puisi-puisi islami beserta para sufi dan penyair Islam termasyhur seperti maulawi Rumi, Iqbal, dan Nasir Khusraw. Buku-bukunya pun menjadi bahan pelajaran dan rujukan para ilmuwan yang ingin mengenal Islam dan budaya seni timur. Tentu tidak lupa karyanya di tahun 1985 tentang sosok yang paling memberi pengaruh besar terhadap dirinya hingga dia menyelam ke dalam samudra ilmu-ilmu islam, buku yang dia beri judul seakan sengaja diambil dari kalimat syahadat bagian kedua And Muhammad is His Messenger sekitar hampir 400 halaman yang tentu sebegitu banyak mengandung pernyataan dan analisanya yang diselimuti kekaguman terhadap Sang utusan Allah. Bahkan ketika dia mendapatkan penghargaan tinggi medali perdamaian tahun 1995 di Jerman dia memulai sambutannya dengan menyebut ayat kalimatun Tayyibah ka syajaratin tayyibah.., (kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya tertanam namun cabangnya sampai langit) yah seperti itulah pengaruh kalimat kebenaran murni dari sabda Nabi.
Tidak lupa juga saat diinterview Televisi di bulan May 1995 dia pernah dengan berani membela rasa sakit umat Islam terhadap Salman Rushdie dan bisa memahami mengapa Imam Khomeini sebagai pemimpin revolusi Islam Iran secara resmi mengeluarkan fatwa hukuman mati terhadapnya. Dikarenakan itu banyak sekali penulis, orientalis, dan akademisi barat yang memprotes supaya Annemarie tidak mendapat penghargaan tersebut karena tiada pernyataannya secara lisan ataupun tulisan yang memuat kritikan keras terhadap Islam ataupun negara seperti Iran, namun President Roman Herzog tidak merubah keputusan karena Annemarie memang benar-benar layak untuk mendapat penghargaan.

Thomas Carlyle (1795) penulis dan sejarawan terkenal asal Scotland dalam bukunya Heroes and Heroworship:

“Bagaimana bisa seorang dengan pengaruh dirinya sendiri dapat mengubah suku-suku yang bermusuhan dan badui-badui perantauan menjadi masyarakat yang paling terpelajar dan terkuat dalam kurun waktu dua dekade (20 tahun) saja.”

‘Kesetaraan’, ‘persaudaraan’, dan ‘kebebasan’ adalah istilah-istilah menarik yang menjadi pengaruh lahirnya revolusi Perancis, namun sosok yang sebenarnya layak mendapat penghargaan untuk semua itu adalah bapak Revolusi sosial yaitu Muhammad yang telah membebaskan manusia dari perbudakan dan agama takhayul. Dialah sosok pertama yang mendeklarasikan kesetaraan dan persaudaraan sesama manusia.”    

Bukan hanya fokus dalam mengajar agama namun juga pada prakteknya.

Sahabat istimewanya ada yang bekas budak hitam bernama Bilal, dan ada Letnan kepercayaannya seorang asal Iran bernama Salman, masing-masing datang dari bangsa, budaya dan bahasa yang berbeda namun di hadapan gurunya mereka semua adalah sahabat yang setara satu sama lainnya.

Warna dan negara bukanlah penghalang di jalan revolusi Muhammad dalam membina persaudaraan. Nabi revolusioner ini adalah yang pertama menghilangkan kelas dan kasta dalam membina masyarakat yang setara dalam persaudaraan.  Dia tidak membedakan manusia menurut kelas ataupun warna sebagaimana dia tidak melihat sungai dan gunung sebagai pembeda manusia. Dia adalah yang untuk pertama kalianya memberikan konsep manusia yang bersatu, yaitu keluarga manusia anak-anak Adam. Dan al-Qur’an pun tegas menyebut hal itu, “Wahai manusia, Kami telah menciptakan kalian dari seorang laki dan wanita.” (49:13).

Muhammad mempercayai kemuliaan manusia bukan dari kepemilikan atau tahtanya, dan bukan dari bangsa atau negaranya. Dalam  ceramahnya di masa akhir hidupnya dia berkata, “ Tiada keistimewaan bagi arab atas selainnya, ataupun non arab atas arab, ataupun bagi yang putih atas yang hitam, dan yang hitam atas yang putih, keistimewaannya ada pada ketakwaannya kepada Allah.”  jadi hanya kebenaranlah yang menjadi dasar menghukum seseorang dan bukan tempat atau keturunan. Sungguh dia telah memberikan dunia tolok ukur baru dalam menilai mana benar dan salah, mana baik dan buruk. “Bukanlah kemulian Anda mengarah ke timur atau ke barat” kata Qur’aan, namun berlaku baik dan hidup dengan kebenaran itulah yang menghasilkan kwalitas kemuliaan, cinta, rahmat, keadilan, kehormatan, dan kesucian.    

Dalam bidang Ekonomi, utusan Tuhan ini telah datang dengan konsep surgawi untuk aturan economi dunia baru! Suatu aturan yang mengharamkan monopoli dan penimbunan sehingga kekayaan tidak terfokus pada segelintir saja. Semua sumber daya dan penghasilan dapat dinikmati oleh setiap orang tanpa tabzir. Merealisasikan sistem perbankan tanpa bunga di mana saling berbagi menjadi natural formatnya, dan tiada pihak yang harus dirugikan menjadi dasar prinsipnya.   Dalam aturan ekonomi Muhammad perdagangan pribadi dibolehkan saja tetapi maslahat dan kesejahteraan masyarakat tetap menjadi prioritas utama.

Kehebatan Pemikiran Muhammad untuk kesejahteraan sosial termasuk dalam bidang ekonomi bermuara pada keluasan aturan keadilan dan persaman yang mana setelahnya tiada usaha pemimpin individual atau sosialis atau komunis yang bahkan dapat mendekatinya. Penekanan Muhammad dalam memimpin ‘kesinambungan hidup’ ditekankan pada  setiap anggota masyarakat supaya dapat menjadi pelindung satu sama lain.

Dalam masyarakat Muhammad, minoritas non muslim dipanggil ‘dzimmi’  yaitu ‘orang-orang ahlul kitab yang dilindungi oleh Allah dan Nabi-Nya’ yang mana haknya harus digaransikan oleh negara dan masyarakat, sebagaimana sang nabi berulang kali memberi peringatan kepada masyarakat untuk tidak berbuat salah terhadap mereka.  Begitulah masyarakat Islam dimana minoritas bukan hanya mendapatkan perilaku adil tetapi lebih.

Dalam bidang politik Muhammad telah menghadirkan revolusi yang mengguncangkan dunia. Sebagaimana dalam perubahan sejarah manusia kita susah mendapatkan sosok selainnya yang begitu bersungguh menekankan pendidikan.  Sebagai ketua negara Islam pertama dia telah mewajibkan pendidikan untuk semua baik pria maupun wanita. Dia telah deklarasikan kewajiban itu langsung semenjak berdiri daulatnya di kota Madinah. Kemudian di tahun kedua pasal UUD itu dilaksanakan bahkan dengan pengawasan aparat negara yang sedang berkembang itu. Sementara di saat yang sama dia juga memberi peringatan kepada masyarakatnya untuk menjauhi pengetahuan yang tidak berguna. Yakni seperti realis yang meminta masyarakatnya untuk membedakan yang inti dari yang tidak, atau yang nyata dari bayangan. Dia meminta kita untuk mengambil hikmah dari mana saja bahkan memberi nasihat bahwa pengetahuan adalah harta yang hilang dan hendaknya setiap orang yang beriman mencari dari sumber-sumbernya.

Kontribusi lainnya adalah bahwa sang Nabi tidak menutup dirinya di tempat yang tinggi sehingga sehingga dia tidak dapat diraih oleh orang-orang. Dia selalu menyatakan bahwa dirinya adalah manusia “seperti kalian”. Sungguh manusia utusan ini datang dari manusia yang baik-baik sepanjang masa semua orang dari manca negara memberi kesaksian akan hal itu. Iya dia adalah manusia. Manusia di tengah manusia, pemimpin manusia, pewaris manusia, panutan manusia dan contoh untuk semua dan selamanya!

Saya mencintai Muhammad karena wataknya yang sejati tidak berpura-pura dan berbicara dengan kejujuran yang nyata sebagaimana suratnya kepada Kaisar Roma dan Kisra Persia mengajak mereka untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan demi kehidupan dunia dan akhirat.

 

Allahumma salli ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad href=”https://alaysyah.files.wordpress.com/2012/09/muhammadinsky.jpg”>Image !

16 comments on “Muhammad di mata legendaris non muslim dunia

  1. fajar sofian mengatakan:

    ‎​اَللهُ ciptakan semuanya krn Nabi Muhammad SAW. ‎​اَللهُ Suci..Malaikat Jibril Suci..Al-Qur’an Suci harus jatuh kepada yg Suci. Siapakah Pelanjut Risallah Kenabian, seterlah Rasulullah wafat ? Tentunya hrs yang Suci jg kan..tidak mungkin org yg tidak suci melanjutkan tugas Kesucian ? Pasti ada..tidak mungkin ‎​اَللهُ wafatkan Nabi Muhammad klu tdk ‎​اَللهُ siapkan penggantinya.Krn hanya org yg sucilah yg bisa dan mampu membawa Al-Quran dan menjelaskan isi yang terkandung di dalamnya kepada Manusia lahir dan batin. Dan pasti ahlaknya spt ahlaknya Nabi Muhammad SAW…

  2. […] Barat, ada banyak Carlyle yang mengkaji sosok dan ajaran Nabi Suci Muhammad — dan memberi penghormatan […]

    • Anonim mengatakan:

      dia bukan manusia suci….dia pembantai…mengharuskan semua orang masuk islam..agama buatan nya sendiri,,,,,kalau tidak semua mausia mau di bunuh nya……..gila gk menurut anda

  3. Shaheer Hamdy mengatakan:

    Rabu 10 Syawal 1433 (29/08/2012) sekitar 1/4 jam sebelum maghrib secara tdk sengaja memandang ke langit dari kamar tengah flat lantai 12 posisi langit arah kiblat dan dgn mata kepala sendiri saya melihat awan yang sebegitu jelas dan besar membentuk kata محمد, spontan saya merasakan ni’mat batin yg luar biasa tubuh membeku dan mata terpana seraya terus bersalawat kpd beliau saw dan teriak memanggil istri tuk melihat jg. lalu tujuh menit kemudian ketika awan berjalan mencar saya br sadar untuk ambil hp dan memfoto yg anda lihat ini. sygnya awan tsb sudah membuyar khususnya di ‘mim’ kedua tetapi masih lumayan terlihat sisanya.

    text محمد di awan

  4. Syafiq Basri mengatakan:

    MashaAllah… Tulisan yang sangat bermanfaat!

  5. malvy mengatakan:

    Benar2 mengagum kan…
    Yg non muslim saja bsa berkata sprti itu.. Knp kita yg muslim tdk bsa bersungguh2 mengikuti ajaran Nabi kita Sendiri…. MuhamYg non muslim saja bsa berkata sprti itu.. Knp kita yg muslim tdk bsa bersungguh2 mengikuti ajaran Nabi kita Sendiri…. MuhamYg non muslim saja bsa berkata sprti itu.. Knp kita yg muslim tdk bsa bersungguh2 mengikuti ajaran Nabi kita Sendiri…. MuhamYg non muslim saja bsa berkata sprti itu.. Knp kita yg muslim tdk bsa bersungguh2 mengikuti ajaran Nabi kita Sendiri…. Muhammad

  6. Alhamdulillah, ternyata keagungan pribadi Nabi Muhammad telah diyakini juga oleh orang non muslim. Nabi Muhammad memang merupakan contoh & panutan hidup manusia, krn segala tindakan & ucapannya merupakan penjabaran nyata dari Al-Quranul Karim, Pedoman Hidup & Wahyu ALLAH SWT. Slawawat & Salam smoga tercurah untuk Nabi Muhammad slamanya. Aaamiiiiin….!

  7. Anonim mengatakan:

    ashaduallailahaillallah waashadu annamuhammadarasulullah segala puji dan puja kepada allah yang telah mengutus seorang manusia(muhammad)di tengah2 kita srbagai pemimpin,dan panutan subhanallah..

  8. rahmat hidayat/ponpes baitul hikmah /telagasari karawang mengatakan:

    Tiada tuhan selain Alloh dan nabi Muhamad utusan Alloh ,jika ingin mulia maka muliakan orang mulia, maka terfujilah orang yang memujinya,dan akan mendapatkan keberuntungan dh dunia maupun di akhirat bersamanya.tanda mencintai nya adalah orang yang lebih banyak menyebut nya,ketimbang yang lain nya

  9. rahmat hidayat/ponpes baitul hikmah /telagasari karawang mengatakan:

    suatu ketika aku dikala aku berharap dan memohon kepada yang maha kuasa ,seakan slalu tertambat antara bumi dan langit ,di saat aku aku memancing di hilir ,aku memohon izin kepada ibuku agar mendapatkan pengalaman bermanfaat,namun di hilir aku bertawasul kepada Alloh ,agar aku bisa mendapatkan ikan,((ya Alloh apabila memohon izin kepada orang tua adalah sebuah kebaikan ,dan perintahNya maka kabulkanlah keinginanku ,aku yakin janji Alloh abadi ,maha benar Alloh dan Rosul Nya .

  10. rahmat hidayat/ponpes baitul hikmah /telagasari karawang mengatakan:

    di saat usiaku bertambah ,aku memohon kebaikan ku bertambah ,aku bermohon kepada Alloh agar aku slalu dalam kebaikaan,beberapa tahun kebelakang aku membiasakan bersholawat semampuku ,dan maha benar Alloh dan rosulNya,setelah itu aku di pertemukan dengan alhabib umar,ada yang mengatakan bahwa beliau majdub ,beliau menasehatiku berbanyak berserah diri kepada Alloh,sekian lama aku membaca nya ,akhirnya aku bermimpi di tunggu beberapa bidadari di surga ,kini aku ikhlas dan tenang.

  11. Putri Larasati mengatakan:

    Artikel ini sangat brguna sklii

  12. atok mengatakan:

    artikel top

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s