BB Q5 dan Q10 antara kepuasan dan kerumitan

Image

Ketimbang BB yang belum Android tentunya seri Q sudah jauh lebih canggih dan penuh dengan aplikasi sehingga bisa dikatakan bahwa seakan kita memegang Iphone atau Samsung yang sudah mencakup BBM + keypadnya. Tetapi mungkin ada baiknya kalau kita ketahui kepuasan dan kesusahan yang dialami pemakai.

Persamaan dan Perbedaan Q5 dan Q10.

Keduanya sama2 android 10 dan design yang serupa namun ada 7 perbedaan inti.

  1. Camera; Q 10, 8 Megapixel sedangkan Q5, 5 megapixel. Tentunya tidak begitu masalah, khususnya bagi yang memiliki camera compact atau slr tersendiri untuk foto2 serius.
  2. Layar display: keduanya mempunyai ukuran dan resolusi yang sama (3.1 inch 720 x 720) adapun perbedaannya = Q5 dgn IPS LCD sedangkan Q10 dengan layar super Amoled yg lebih kaya dgn warna dan contras. Bagaimanapun juga ketajaman dan tampilan hampir susah membedakan. Mungkin kedua perbedaan di atas adalah yang membuat Q5 lebih ekonomis dan hemat harga.
  3. Processor: Q5 = 1.2 GHz sedangkan Q10 1.5 GHz. Yang mestinya membuat Q10 lebih cepat, tetapi perbedaan itu hampir tidak terasa khususnya karena keduanya sama2 dual core dan sama2 2GB RAM.
  4. Baterai: sama2 2100mAh namun bedanya Q5 memakai built in baterai yang tidak bisa dibuka atau diganti sementara Q 10 bisa. Ini bisa jadi point yang paling membedakan khususnya bagi yang suka membawa baterai ekstra.
  5. Berat /design: Q5 = 120 x 66 x 10.8 mm. adapun Q10 119,6 x 66.8 x 10.4 jadi Q 10 sedikit lebih tebal dan lebih berat.
  6. Memory: Q5 = 8 GB dengan microSD bisa sampai 32GB. Q10= 16 GB dan micro SD sampai 64 GB. Bagi yang bbnya berfungsi seperti gudang maka Q10 lebih cocok, adapun saya sendiri merasa 8 GB sudah lebih dari cukup.
  7. Harga: ini bisa jadi yang paling menetukan pilihan, dengan perbedaan2 yang tersebut di atas Harga Q5 menjadi sekitar 2 jutaan lebih murah.

 Review pemakai:

Beberapa masalah yang mungkin membuat pemakai agak kesusahan khususnya awal-awal;

  1. Tidak ada crusor. Semua dengan gesture dan sentuhan, sehingga perlu waktu untuk mempelajari sampai terbiasa. Tetapi pada saat yang sama semua seakan menjadi lebih complicated.
  2. Walaupun sudah mematikan bluetooth dan network tambahan serta mengurangi cahaya display dsb, Q5 yang saya coba baterainya cepat habis, sehari terpaksa setidaknya 2 kali recharge.  
  3. Edit auto text menjadi lebih rumit karena kita harus mengutak atiknya dari setting dan memilih text substitution.
  4. Mungkin khusus dengan yang saya pakai saja sering kesusahan melihat profile pic sendiri atau mengganti status kadang nge-hang.
  5. Sampai saat ini tidak bisa nge-add pin bb yang kita pakai sendiri.
  6. Kala bbm ke group timbulnya di atas jadi sering tidak kebaca oleh yg lain.
  7. Tidak menemukan notifikasi yang bersuara dari bbm2 yang masuk di group..jadi sering2 lihat aja kalau ada yg penting.   
  8. Kalau sampean termasuk yang suka memegang bb dengan satu tangan, maka karena ukurannya, seri Q ini dijamin akan membuat tangan pegal kalau terus2an bbm. Solusinya = pegang dengan dua tangan, atau sering2 matikan saja saat sibuk atau ingin istirahat.

Terlepas dari kesusahan2 tersebut seri Q tetap banyak yg lebih mudah dan extra cepat dalam melihat semua panggilan dan notification dari jejaring sosial dan email2. Bagaimanapun juga menurut saya, bagi yang sudah memiliki iphone atau samsung2 terbaru maka lebih praktis memakai bb lama saja.

Bagi pembaca yang ingin mengungkapkan pengalamannya atau kiat2 untuk seri Q maka monggo share di coment. Kami juga ingin tahu dan belajar. 

8 comments on “BB Q5 dan Q10 antara kepuasan dan kerumitan

  1. savikovic mengatakan:

    Sudahlah… android saja

  2. yoga mengatakan:

    q5 saya masih baru..beli gres 2 bln yanglalu.. tp camera sering hank..knp ya>??? ada pengaturannya ga??

  3. Inyoman jana mengatakan:

    Bagaimana cara menggunakan bb q 5 yg cepat

  4. Anonim mengatakan:

    Saya sudah otak atek bbq5 tapi tetap gak bisa membukA auto teks,gimana caranya membuka auto teks pada bb,,tolong di balas,,

  5. Anonim mengatakan:

    Mau nanya bos apa kah bisa bb q10 menggunakan 2 pin bb ? Mohon infonya

  6. erista kristianti mengatakan:

    bagaimana cara atur gambar dr bbm grup di BlackBerry Q10 supaya masuk otomatis ke media card?dan bagaimana supaya keterangan di gambar tsb bisa di copas,,krn sy olshop niatnya beli Q10 spy tdk lemot malah trnyta tampilan sudah jauh berbeda,saya kesulitan untuk share gambar

  7. axel mengatakan:

    Maaf mau tanya gimana caranya kalau mau mengomentari foto di grup?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s